Pengendalian Diri


Bila diperhatikan, kehidupan ini dirangkai indah oleh dualitas, sukses dan gagal, senang dan sedih, menang dan kalah, dan seterusnya. Keduanya hadir silih berganti seperti siang dan malam. Mereka tidak bisa dihindari, karena merupakan bagian dari kehidupan kita. Di titik ini, pengendalian diri sangat penting,  mereka menghadirkan banyak pelajaran untuk mendewasakan kita. Wajar bila Joseph B. Wirthlin mengatakan bahwa pengendalian diri merupakan salah satu tanda kematangan seseorang, ia bisa dilihat dari perkataan, cara ia memperlakukan orang lain dan juga mengendalikan apa yang ia makan. Sementara , Rafael Nadal, jawara tenis dari Spanyol mengatakan, “Sebagai seorang pemain tenis Anda bisa menang atau kalah, dan Anda harus siap untuk menerima keduanya. Saya melatih pengendalian diri sejak kecil. Namun semakin bertambah usia menghadapi kemenangan dan kekalahan akan semakin mudah.

Ini mungkin alasan, mengapa para sesepuh sejak dulu menasehati kita untuk melatih pengendalian diri. Ia bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari, melatih kedisiplinan untuk bangun pagi, melatih diri untuk berbicara santun, mengendalikan amarah, mengendalikan nafsu makan (rakus/tamak), menepati waktu (sembahyang pada waktu-waktu yang telah ditentukan), mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Pengendalian diri ini akan lebih mudah dilakukan dengan melakukan puasa. Logikanya, semua aktivitas dalam diri ini bisa dilakukan karena adanya energi. Bila kita ingin mengendalikannya, maka sumber-sumber energi ini mesti kita kendalikan dengan baik. Puasa merupakan latihan mengontrol sumber energi makanan dan minuman.

Selain itu, sumber energi bisa kita dapatkan dari bernafas, istirahat dan berpikir positif. Meditasi membantu kita untuk mengontrol tiga sumber energi di atas. Salah satu pengertian meditasi adalah membiasakan diri untuk berpikir positif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s